Selasa, 14 Oktober 2008

Tujuan Hidup Muslim


Hakikat terpenting setelah keimanan adalah hendaknya seorang Muslim menyadari tujuan hakiki dari penciptaannya, yakni ubudiah; sesuatu yang wajib diwujudkan. Allah Swt. berfirman:








وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإِنْسَ إِلاَّ لِيَعْبُدُونِ

Tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah. (QS adz-Dzariyat [51]: 56).

Beribadah dilakukan dengan jalan beriman dan taat kepada Allah. Taat berarti berpegang teguh pada seluruh hukum-hukum-Nya yang tidak hanya terbatas dalam masalah ibadah, akhlak, dan muamalah saja, tetapi mencakup semua yang diperintahkan dan yang dilarang. Kenyataan ini meniscayakan bahwa tidak ada yang boleh disembah, kecuali Allah, serta tidak ada perintah dan larangan (yang harus di taati) melainkan yang berasal dari-Nya.

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa meriwayatkan ‘Adi bin Hatim pernah datang ke hadapan Rasulullah saw. Beliau kemudian membaca ayat berikut:

اتَّخَذُوا أَحْبَارَهُمْ وَرُهْبَانَهُمْ أَرْبَابًا مِنْ دُونِ اللهِ وَالْمَسِيحَ ابْنَ مَرْيَمَ وَمَا أُمِرُوا إِلاَّ لِيَعْبُدُوا إِلَهًا وَاحِدًا لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ سُبْحَانَهُ عَمَّا يُشْرِكُونَ

Mereka menjadikan para pembesar dan para pendeta mereka sebagai tuhan-tuhan selain Allah dan al-Masih bin Maryam (sebagai Tuhan), padahal mereka tidaklah diperintah kecuali untuk menyembah Tuhan yang Satu; tiada Tuhan kecuali Allah Yang Mahasuci dari apa saja yang mereka persekutukan itu. (QS at-Taubah [9]: 31).

‘Adi bin Hatim berkata, “Mereka tidaklah menyembah para pembesar dan para pendeta mereka.”

Akan tetapi, Rasulullah saw. berkata, “Benar. Akan tetapi, mereka (para pembesar dan para pendeta itu) mengharamkan atas mereka sesuatu yang halal dan menghalalkan yang haram untuk mereka, lalu mereka mengikuti para pembesar dan para pendeta itu. Itulah bukti penyembahan mereka kepada para pembesar dan para pendeta itu.”

Demikian sebagaimana dituturkan oleh Muslim dan at-Turmudzi.

Dengan demikian, pemberian hak menghalalkan dan mengharamkan (hak menentukan hukum) serta hak ketaatan kepada seseorang pada hakikatnya sema dengan penyembahan kepada orang itu. Allah Swt. berfirman:

مَا تَعْبُدُونَ مِنْ دُونِهِ إِلاَّ أَسْمَاءً سَمَّيْتُمُوهَا أَنْتُمْ وَءَابَاؤُكُمْ مَا أَنْزَلَ اللهُ بِهَا مِنْ سُلْطَانٍ إِنِ الْحُكْمُ إِلاَّ ِللهِ أَمَرَ أَلاَّ تَعْبُدُوا إِلاَّ إِيَّاهُ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لاَ يَعْلَمُونَ

Apa saja yang kalian sembah itu tidak lain hanyalah nama-nama yang kalian dan bapak-bapak kalian sematkan, sedangkan Allah tiada menurunkan keterangan sedikitpun tentang hal itu. Sesungguhnya hak menetapkan hukum hanyalah milik Allah, Dia memerintahkan agar kalian tidak beribadah melainkan kepada-Nya. Yang demikian itu adalah agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui. (QS Yusuf [12]: 40).

Memang, ada hak oleh penguasa, amir, kedua orangtua, atau suami untuk ditaati. Akan tetapi, Allah-lah sebenarnya yang memberikan hak itu kepada mereka.

Ibadah kepada Allah sebetulnya mencakup upaya untuk menjadikan manusia lain beribadah kepada-Nya. Artinya, ibadah kepada Allah juga mencakup upaya untuk menundukkan manusia pada syariat–Nya dan memerangi manusia jika mereka menyimpang dari hukum Allah, apalagi jika sampai mereka menerapkan hukum selain-Nya. Banyak nash yang memerintahkan kaum Muslim untuk beramar makruf nahi mungkar; membantah kebatilan dan menjelaskan kebenaran; berdakwah; menerapkan hukum cambuk dan potong tangan; berperang serta berjihad untuk menegakkan hukum Allah di muka bumi dan meninggikan kalimat Allah.

Rasulullah saw. mengutus para utusan kepada para raja untuk menyeru mereka kepada Islam. Hal itu dilakukan setelah beliau mendirikan Daulah Islamiyah di Madinah dan menancapkan tiang-tiang negara. Para khalifah sesudah beliau juga mengirimkan para pengemban dakwah, para mujahid, dan pasukan untuk menyeru manusia kepada iman dan mengeluarkan mereka dari kegelapan menuju cahaya. Mereka memerangi berbagai negeri dan para penduduknya agar mereka tunduk pada kekuasaan Islam. Dengan begitu, tidak ada lagi yang disembah selain Allah dan tidak ada hak penetapan hukum kecuali milik Allah. Tujuan ini merupakan fikrah (pemikiran) Islam yang harus diraih oleh seorang Muslim dalam hidupnya.

Gambaran semacam ini tampak pada diri Sahabat Rib’i bin ‘Amir tatkala ditanya oleh Jenderal Rustum, “Untuk apa kalian diutus?”

Ia menjawab, “Sesungguhnya Allah Swt. mengutus kami untuk mengeluarkan para hamba dari penghambaan kepada seorang hamba menuju penghambaan kepada Tuhannya hamba; dari kelaliman agama-agama (selain Islam) menuju keadilan Islam; dan dari kesempitan dunia menuju keluasan dunia dan akhirat.”

Banyak nash al-Quran dan as-Sunnah yang menjelaskan hal itu. Sebagian di antaranya adalah sebagai berikut:

قُلْ يَاأَيُّهَا النَّاسُ إِنِّي رَسُولُ اللهِ إِلَيْكُمْ جَمِيعًا

Katakanlah (Muhammad), “Wahai manusia, sesungguhnya aku adalah Rasul (utusan) Allah kepada kalian semua.” (QS al-A’raf [7]: 158).

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلاَّ كَافَّةً لِلنَّاسِ بَشِيرًا وَنَذِيرًا

Tidaklah Kami mengutusmu (Muhammad) kecuali untuk seluruh manusia sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan. (QS Saba’ [34]: 28).

هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَى وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ

Dialah Yang telah mengutus utusan-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar untuk dimenangkan atas seluruh agama lain sekalipun orang-orang musyrik membencinya. (QS at-Taubah [9]: 33).

قَاتِلُوا الَّذِينَ لاَ يُؤْمِنُونَ بِاللهِ وَلاَ بِالْيَوْمِ الآخِرِ وَلاَ يُحَرِّمُونَ مَا حَرَّمَ اللهُ وَرَسُولُهُ وَلاَ يَدِينُونَ دِينَ الْحَقِّ مِنَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ حَتَّى يُعْطُوا الْجِزْيَةَ عَنْ يَدٍ وَهُمْ صَاغِرُونَ

Perangilah oleh kalian orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak pula pada Hari akhir, tidak mengharamkan apa yang diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya, dan tidak beragama dengan agama yang benar—di antara orang-orang yang telah didatangkan kepada mereka al-Kitab— hingga mereka memberikan jizyah dari tangan-tangan mereka dan mereka dalam keadaan tunduk. (QS at-Taubah [9]: 29).

Rasulullah saw. juga bersabda:

مَنْ قَاتَلَ لِتَكُوْنَ كَلِمَةَ اللهِ هِيَ الْعُلْيَا فَهُوَ فِي سَبِيْلِ اللهِ

Siapa saja yang berperang untuk menjadikan kalimat Allah menjadi yang tertinggi berarti ia berperang di jalan Allah. (HR al-Bukhari dan Muslim).

Dengan demikian, orang-orang kafir sekalipun dipaksa untuk tunduk pada kekuasaan Islam dan kedaulatan syariat Islam meskipun mereka tidak dipaksa untuk masuk Islam karena Allah Swt. berfirman:

لاَ إِكْرَاهَ فِي الدِّينِ

Tidak ada paksaan dalam agama. (QS al-Baqarah [2]: 256).

Tujuan yang harus diwujudkan adalah agar tidak ada undang-undang yang ditaati dan tidak ada hukum yang diambil atau diterapkan kecuali undang-undang dan syariat Allah; juga agar tidak ada pembuat hukum selain Allah semata.

Allah Swt. menjelaskan salah satu tujuan penciptaan manusia di dalam salah satu ayat-Nya:

وَكَذَلِكَ جَعَلْنَاكُمْ أُمَّةً وَسَطًا لِتَكُونُوا شُهَدَاءَ عَلَى النَّاسِ وَيَكُونَ الرَّسُولُ عَلَيْكُمْ شَهِيدًا

Demikianlah, Kami menjadikan kalian sebagai umat yang terpilih agar kalian menjadi saksi atas manusia dan Rasul pun menjadi saksi atas kalian. (QS al-Baqarah [2]: 143).

Ayat ini merupakan seruan dan pembebanan atas umat Islam untuk mengemban risalah Islam kepada seluruh manusia. Hal ini telah disampaikan oleh Nabi saw. setelah beliau menyampaikan risalah, menunaikan amanat, dan berjihad di jalan Allah dengan jihad yang sesungguhnya. Rasul berdiri pada waktu Haji Wada’ dan berkhutbah kepada manusia, antara lain, sebagai berikut:

“Sungguh, aku telah meninggalkan di tengah-tengah kalian sesuatu yang kalian tidak akan tersesat sedikit pun sesudahku jika kalian berpegang teguh padanya, yaitu Kitabullah, dan kalian dimintai pertanggungjawaban dariku. Lalu apa yang kalian katakan?”

Mereka berkata, “Kami bersaksi bahwa engkau telah menyampaikan, telah menunaikan (amanat), dan juga telah menyampaikan nasihat.”

Selanjutnya beliau berkata seraya mengangkat kedua tangan ke langit, “Ya Allah saksikanlah, ya Allah saksikanlah, ya Allah saksikanlah....” (HR Abu Dawud).

Demikianlah, Nabi saw. telah bersaksi atas kita dengan menyampaikan dan mengemban amanat serta memohon kepada Allah agar Dia menyaksikannya. Kewajiban kita untuk bersaksi atas manusia melalui metode yang ditempuh oleh Rasul saw.—sebagai telah dijelaskan oleh Allah—merupakan tujuan penciptaan Adam as. Allah Swt. berfirman:

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلاَئِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الأَرْضِ خَلِيفَةً قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لاَ تَعْلَمُونَ

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, “Aku akan menjadikan khalifah di muka bumi.” Para malaikat berkata, “Apakah Engkau akan menjadikan di muka bumi orang yang akan membuat kerusakan dan menumpahkan darah, padahal kami selalu menyucikan dan memuji-Mu. Allah berfirman, “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kalian ketahui.” (QS al-Baqarah [2]: 30).

Malaikat adalah hamba Allah yang tidak pernah bermaksiat kepada-Nya. Tatkala Allah SWT berfirman (yang artinya), “Sesungguhnya aku akan menjadikan khalifah di muka bumi,” para malaikat mengetahui bahwa Allah akan menjadikan di bumi orang yang akan bermaksiat. Kata khalîfah berarti orang yang diangkat oleh Allah sebagai wakil-Nya untuk melakukan aktivitas pengaturan dan pemeliharaan bumi serta aktivitas lainnya yang tercakup dalam apa yang harus dilakukannya sesuai dengan ketentuan-Nya. Jika di sana terdapat tahap pada diri seseorang ketika ia tidak melakukan pengaturan dan pemeliharaan berarti ia telah menyimpang dari ketentuan Allah. Hal itu akan mengantarkan dirinya pada kesengsaraan, kesempitan, dan kekacauan. Karena itu, para malaikat berkata (yang artinya), “Apakah Engkau akan menjadikan orang yang akan berbuat kerusakan dan menumpahkan darah di muka bumi?” Dengan ungkapan lain, jika di muka bumi tidak terdapat seseorang atau sesuatu yang bermaksiat maka segala sesuatu akan berjalan sesuai dengan ketentuan Allah. Jika Allah berkehendak menciptakan orang yang melakukan aktivitas pengurusan dan pengarahan maka hal itu berarti bahwa akan ada di muka bumi orang yang akan memilih kesesatan dan bermaksiat kepada-Nya.

Oleh karena itu, sesungguhnya tujuan (cita-cita) dalam kehidupan manusia, sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Allah sebelum penciptaan Adam, adalah agar manusia menjadi hamba-Nya; juga agar manusia lain—yaitu orang yang sesat—mau memperhambakan dirinya kepada-Nya.

Dengan demikian, sesungguhnya kehidupan merupakan kancah perang pemikiran, keyakinan, dan politik antara iman dan kufur; perang keyakinan antara upaya untuk meninggikan kalimat Allah. Semua ini semata-mata agar seluruh agama hanya milik Allah, agar tidak ada hukum kecuali hukum Allah, agar tidak ada sekutu bagi-Nya, agar tidak ada yang disembah selain Diri-Nya, dan agar ketundukan pada syariat Allah menjadi sempurna. Dalam makna ini kehidupan merupakan perang politik tatkala diharuskan agar ri’ayah urusan manusia hanya menggunakan hukum dan undang-undang Allah dan terbebas dari undang-undang dan hukum selainnya.

Metode Meraih Tujuan Hidup Islami

Tatkala Allah menjelaskan bahwa risalah Islam merupakan risalah bagi seluruh manusia dan melarang berhukum kepada selain syariat Islam, Dia tidak hanya menjadikannya sekadar sebagai perintah semata; sebagai penjelasan bagi mereka yang ingin taat. Allah juga tidak mentoleransi orang yang hendak meraih tujuan tersebut dengan memilih cara sesuai dengan kehendaknya. Akan tetapi, Allah menjadikan suatu metode yang telah ditempuh oleh Nabi Muhammad saw. sebagai penjelasan (metode) yang wajib diikuti dalam rangka mewujudkan tujuan di atas. Kita diperintahkan untuk mengikutinya. Allah Swt. berfirman:

وَمَا ءَاتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوا

Apa saja yang diperintahkan oleh Rasul maka terimalah dan apa saja yang dilarangnya maka tinggalkanlah. (QS al-Hasyr [59]: 7).

Islam tidak melalaikan penjelasan tentang solusi bagi realitas manusia, interaksi, dan problematikanya. Islam juga mendatangkan berbagai hukum yang harus diwujudkan secara praktis. Islam melarang mencuri, membunuh, dan zina. Sebaliknya, Islam memerintahkan iman, ibadah, taat, dsb. Islam tidak menjadikan semua itu sekadar perintah dan larangan semata dengan membiarkan seseorang berpegang teguh atau menyimpang sesuai dengan keinginannya. Akan tetapi, Islam juga menjelaskan hukum-hukum tertentu yang arus dipatuhi manusia. Islam memerintahkan untuk memotong tangan pencuri, mencambuk atau merajam seorang pezina, membunuh seorang pembunuh, atau membunuh orang yang murtad, dsb. Allah Swt. berfirman:

وَالسَّارِقُ وَالسَّارِقَةُ فَاقْطَعُوا أَيْدِيَهُمَا

Pencuri laki-laki dan pencuri perempuan, potonglah tangan masing-masing dari keduanya. (QS al Mâidah [5]: 38).

الزَّانِيَةُ وَالزَّانِي فَاجْلِدُوا كُلَّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا مِائَةَ جَلْدَةٍ

Pezina perempuan dan pezina laki-laki, cambuklah masing-masing seratus kali cambukan. (QS an-Nur [24]: 2).

Rasulullah saw. juga bersabda:

لا يَحِلُّ دَمُ امْرِئٍ مُسْلِمٍ يَشْهَدُ أَنْ لا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَ أَنِّيْ رَسُوْلُ اللهِ إِلاَّ بِإِحْدَى ثَلاَثٍ : الثَّيِّبُ الزَّانِيْ وَ النَّفْسُ بِالنَّفْسِ وَ التَّارِكُ لِدِيْنِهِ الْمُفَارِقُ الْجَمَاعَةِ

Tidak halal darah seorang Muslim yang bersaksi bahwa tiada Tuhan kecuali Allah dan bahwa aku adalah utusan Allah kecuali karena satu di antara tiga hal: pezina yang sudah pernah menikah; jiwa dengan jiwa, sereta orang yang meninggalkan agamanya dan memecah-belah jamaah (HR al-Bukhari dan Muslim).

Hukum-huum tersebut merupakan solusi Islami yang harus diterapkan secara real di tengah-tengah masyarakat. Siapa saja yang lemah imannya dipaksa oleh sanksi yang diterapkan oleh penguasa. Hukum-hukum tersebut merupakan hukum-hukum untuk menundukkan manusia pada kedaulatan syariat dan kekuasaan Allah. Hukum-hukum itulah yang menjadikan Islam diterapkan, bukan sebagai perintah dan larangan semata yang menyebabkan seseorang boleh terikat atau tidak sekehendak hati dan hawa nafsunya. Hukum-hukum itulah yang dinamakan sebagai tharîqah (metode), yakni tharîqah syar‘î yang wajib dipegang teguh—tidak boleh diganti dengan tharîqah lainnya—dalam rangka meraih tujuan yang telah diperintahkan. Contoh, hukum potong tangan tidak boleh diganti dengan hukuman penjara atau dibunuh untuk mencegah adanya pencurian. Demikian pula hukuman manti bagi orang murtad (yang tidak mau kembali) atau hukuman cambuk dan rajam bagi pezina.

Islam telah menetapkan pemerintahan Islam sebagai metode untuk meraih tujuan Islam. Di dalam masyarakat Muslim akan selalu ada orang yang menyimpang dari tuntunan Islam, menghalang-halangi hukum-hukumnya, dan bahkan berupaya untuk menghancurkan Islam. Mereka menjadi bahaya yang selalu mengancam manusia. Sistem yang memelihara dan memerintah serta mengatur manusia harus ada agar manusia dapat dihindarkan dari bahaya tersebut. Karenanya, harus ada pemerintahan dan sistem pemerintahan. Bersamaan dengan itu, harus ada pula kekuasaan dan kekuatan yang menjadi sandaran sistem untuk menerapkan Islam dan menjaga rakyat serta memelihara rakyat dengan politik yang ssesuai dengan syariat. Oleh karena itu, Daulah Khilafah Islamiyah merupakan metode kehidupan islami.


Mengemban Islam ke seluruh umat dan meletakkan mereka di bawah kekuasaan Islam merupakan salah satu kewajiban bagi umat Islam. Hal itu mengharuskan terlaksananya jihad dan karenanya pula mengharuskan adanya dawlah (negara). Hal itu telah tampak dengan jelas dari aktivitas Rasul ketika beliau menyerukan Islam di Makkah, beraktivitas memperbanyak jumlah kaum Muslim, dan berusaha agar kekuasaan membuat hukum hanya bagi Allah.

Ketika masyarakat Makkah jumud dan menolak dakwah, Rasul mulai menawarkan dakwah kepada kabilah-kabilah dan masyarakat lain. Beliau menawarkan dakwah dan penerapan Islam kepada mereka sampai hal itu terwujud di Madinah. Di Madinahlah beliau berhasil mendirikan negara (dawlah) Islam. Setelah negara Islamh berdiri, mulailah beliau melancarkan jihad untuk menghilangkan berbagai penghalang fisik yang menghadang di jalan dakwah serta meluaskan kekuasaan Islam dan kedaulatan syariatnya. Beliau mengutus para utusan dan berbagai surat kepada para kaisar, raja, dan pemimpin kabilah dalam rangka menyeru mereka kepada Islam.

Dengan demikian, metode untuk meraih tujuan Islam adalah melalui negara Islam atau Daulah Khilafah Islamiyah. Menegakkan Daulah Khilafah Islamiyah merupakan kewajiban. Dengan Daulah Khilafah Islamiyah akan tegak berbagai kewajiban yang lain, dan akan terwujud masyarakat Islam. Dengan itu pula, kalimat-kalimat Allah akan menjadi tinggi, dakwah Islam dapat diemban ke seluruh dunia, banyak manusia bersyahadat, dan dan kewajiban jihad dapat dihidupkan. Semua itu merupakan inti kewajiban Islam.

Daulah Khilafah Islamiyah merupakan mahkota kewajiban dan menjadi syarat bagi kesempurnaan pelaksanaan berbagai kewajiban lain. Hadis Rasul telah menggambarkan pentingnya keberadaan khilafah dan baiat kepada khalifah untuk menerapkan al-Quran dan as-Sunah. Rasulullah saw. bersabda:

مَنْ خَلَعَ يَدًا مِنْ طَاعَةٍ لَقِيَ اللهَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ لا حُجَّةَ لَهُ, وَ مَنْ مَاتَ وَ لَيْسَ فِيْ عُنُقِهِ بَيْعَةٌ مَاتَ مِيْتَةً جَاهِلِيَّةً

Siapa saja yang melepaskan tangan dari ketaatan (kepada imam/khalifah), niscaya akan menemui Allah pada Hari Kiamat tanpa memiliki hujjah, dan siapa saja yang mati tanpa ada baiat di pundaknya, niscaya ia mati (seperti) kematian Jahiliah. (HR Muslim).

اْلإِمَامُ جُنَّةٌ يُقَاتَلُ مِنْ وَرَائِهِ وَ يُتَقَى بِهِ

Sesungguhnya imam itu bagaikan perisai tempat orang-orang akan berperang dan berlindung di belakangnya. (HR Muslim).

Islam mewajibkan hanya boleh ada satu negara Islam dan satu umat Islam. Rasul saw. bersabda:

إِذَا بُوْيِعَ لِخَالِفَتَيْنِ فَاقْتُلُوْا اْلآخِرَ مِنْهُمَا

Jika dua orang khalifah dibaiat maka bunuhlah yang terakhir dari keduanya. (HR Muslim).

مَنْ أَتَاكُمْ وَ أَمْرُكُمْ جَمِيْعٌ عَلَى رَجُلٍ وَاحِدٍ, يُرِيْدُ أَنْ يَشُقَّ عَصَاكُمْ وَ يُفَرِّقَ جَمَاعَتَكُمْ فَاقْتُلُوْهُ

Siapa saja yang mendatangi kalian, sedangkan urusan kalian berada pada satu orang, lalu hendak memutus ikatan kalian dan memecah-belah jamaah kalian maka bunuhlah. (HR Muslim, Abu Dawud, dan an-Nasa’i).

إِنَّهُ سَتَكُوْنُ هَنَاتٌ وَ هَنَاتٌ, فَمَنْ أَرَادَ أَنْ يُفَرِّقَ أَمْرَ هَذِهِ اْلأُمَّةِ, وَ هِيَ جَمِيْعٌ, فَاضْرِبُوْهُ بِالسَّيِفِ كَائِنًا مَنْ كَانَ

Sesungguhnya akan terjadi bencana demi bencana. Karena itu, siapa saja yang hendak memecah-belah urusan umat ini, sementara umat berada dalam satu-kesatuan, maka bunuhlah ia dengan pedang bagaimanapun keadaannya. (HR Muslim, Abu Dawud, dan an-Nasa’i).

Sebagaimana dimaklumi, metode untuk mewujudkan tujuan penerapan Islam dan mengemban dakwah ke seluruh dunia adalah melalui Daulah Khilafah Islamiyah—satu kewajiban yang saat ini belum terwujud. Karena itu, umat Islam wajib beraktivitas untuk mewujudkannya dengan cara yang sesuai dengan tuntutan syariat, yakni sebagaimana yang telah ditempuh oleh Rasul saw. tatkala beliau menyeru manusia pada keimanan dan ketundukkan pada Allah Swt.—sekalipun banyak manusia yang tidak memenuhi seruan itu dan banyak pula yang menyimpang.

Jika demikian, bagaimana metode yang ditempuh oleh Rasul hingga beliau berhasil mendirikan negara Islam dan memuliakan agama Allah?

Sesungguhnya perjalanan dan perjuangan Rasulullah saw. mendirikan negara Islam bukanlah semata-mata aktivitas—sebagaimana anggapan sebagian ulama penguasa—yang tidak ada konsekuensinya bagi kita. Sebaliknya, ia merupakan manhaj yang telah ditunjukkan oleh al-Quran serta oleh sikap, perkataan, dan perbuatan Nabi saw. Artinya, hal itu merupakan penjelasan syariat tentang tatacara bagaimana meraih cita-cita Islam. Secara ringkas perjalanan dan perjuangan Rasulullah saw. adalah sebagai berikut:

Pertama, mula-mula beliau mengumpulkan kaum Mukmin dalam –halaqah-halaqah yang bersifat siriyah. Beliau mengajarkan kepada mereka agama yang baru (Islam). Beliau membentuk mereka menjadi sosok yang baru, yakni menjadi sosok yang berkepribadian Islam dengan memiliki pola pikir dan pola jiwa islami. Jadilah mereka kelompok yang khas—dengan akidah, pemikiran, perasaan, perilaku, dan cita-cita mereka yang islami itu—di tengah-tengah masyarakat Makkah.

Kedua, pada tahap berikutnya, Rasulullah saw. bersama kutlah (kelompok)-nya mulai memasuki kancah perang pemikiran dan keyakinan. Mereka menentang pemikiran dan keyakinan masyarakat Makkah yang rusak sekaligus melakukan perjuangan politik terhadap para penguasa dan pembesar. Nabi saw. dan kelompoknya mengemban semua itu dengan berbagai kesulitan yang dihadapi. Mereka menjelaskan kebenaran dan fakta-fakta, meluruskan pemahaman akan sesuatu dan kehidupan, sekaligus membantah para pembesar kafir serta menyingkap hakikat mereka dan apa yang ada pada mereka. Beliau dan kelompoknya menyeru manusia untuk bertafakur dan ber-tadabbur, mencegah mereka dari aktivitas yang menyia-nyiakan akal dan dari sikap berpegang teguh kepada kebatilan. Allah Swt. Berfirman:

إِنَّكُمْ وَمَا تَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللهِ حَصَبُ جَهَنَّمَ أَنْتُمْ لَهَا وَارِدُونَ

Sesungguhnya kalian dan apa yang kalian sembah selain Allah adalah umpan Jahanam. Kalian pasti masuk ke dalamnya. (QS al-Anbiya’ [21]: 98).

وَضَرَبَ لَنَا مَثَلاً وَنَسِيَ خَلْقَهُ قَالَ مَنْ يُحْيِي الْعِظَامَ وَهِيَ رَمِيمٌ(78)قُلْ يُحْيِيهَا الَّذِي أَنْشَأَهَا أَوَّلَ مَرَّةٍ وَهُوَ بِكُلِّ خَلْقٍ عَلِيمٌ

Dia membuat perumpamaan bagi kami, dan dia lupa kepada kejadiannya. Dia berkata, “Siapakah yang dapat menghidupkan tulang-belulang yang telah hancur luluh?” Katakanlah, “Dia akan dihidupkan oleh Tuhan yang menciptakannya kali pertama. Dia Mahatahu tentang segala makhluk-Nya.” (QS Yasin [36]: 78-79).

أَفَرَأَيْتُمُ اللاَّتَ وَالْعُزَّى(19)وَمَنَاةَ الثَّالِثَةَ الأُخْرَى(20)أَلَكُمُ الذَّكَرُ وَلَهُ الأُنْثَى(21)تِلْكَ إِذًا قِسْمَةٌ ضِيزَى(22)إِنْ هِيَ إِلاَّ أَسْمَاءٌ سَمَّيْتُمُوهَا أَنْتُمْ وَءَابَاؤُكُمْ مَا أَنْزَلَ اللهُ بِهَا مِنْ سُلْطَانٍ إِنْ يَتَّبِعُونَ إِلاَّ الظَّنَّ وَمَا تَهْوَى الأَنْفُسُ وَلَقَدْ جَاءَهُمْ مِنْ رَبِّهِمُ الْهُدَى

Apakah kalian (orang-orang musyrik) menganggap Latta, Uzza, dan Manat yang ketiga, yang paling terkemudian (sebagai anak perempuan Allah)? Apakah (patut) untuk kalian (anak) laki-laki dan untuk Allah (anak) perempuan? Yang demikian itu tentulah suatu pembagian yang tidak adil. Itu tidak lain hanyalah nama-nama yang kalain dan bapak-bapak kalian ada-adakan. Allah tidak menurunkan suatu keterangan sedikit pun untuk (menyembah)-nya. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti prasangka belaka dan apa yang diingini oleh hawa nafsu mereka. Sesungguhnya telah datang petunjuk kepada mereka dari Tuhan mereka. (QS an-Najm [53]: 19-23).

ذَرْنِي وَمَنْ خَلَقْتُ وَحِيدًا(11)وَجَعَلْتُ لَهُ مَالاً مَمْدُودًا(12)وَبَنِينَ شُهُودًا(13)وَمَهَّدْتُ لَهُ تَمْهِيدًا(14)ثُمَّ يَطْمَعُ أَنْ أَزِيدَ(15)كَلاَّ إِنَّهُ كَانَ ِلآيَاتِنَا عَنِيدًا(16)سَأُرْهِقُهُ صَعُودًا(17) إِنَّهُ فَكَّرَ وَقَدَّرَ(18)فَقُتِلَ كَيْفَ قَدَّرَ(19)ثُمَّ قُتِلَ كَيْفَ قَدَّرَ(20)ثُمَّ نَظَرَ(21)ثُمَّ عَبَسَ وَبَسَرَ(22)ثُمَّ أَدْبَرَ وَاسْتَكْبَرَ(23)فَقَالَ إِنْ هَذَا إِلاَّ سِحْرٌ يُؤْثَر ُ(24)إِنْ هَذَا إِلاَّ قَوْلُ الْبَشَرِ(25)سَأُصْلِيهِ سَقَرَ

Biarkanlah Aku bertindak terhadap orang yang Aku telah menciptakannya sendirian. Aku telah menjadikan baginya harta benda yang banyak dan anak-anak yang selalu bersamanya. Aku pun telah melapangkan baginya (rezeki dan kekuasaan) dengan selapang-lapangnya, kemudian dia ingin sekali supaya Aku menambahnya. Sekali-kali tidak! Sebab, sesungguhnya dia menentang ayat-ayat Kami (al-Quran). Aku akan membebaninya dengan pendakian yang melelahkan. Sesungguhnya dia telah memikirkan dan menetapkan (apa yang dia tetapkan). Karena itu, celakalah dia! Bagaimana dia menetapkan? Kemudian dia memikirkan. Sesudah itu dia bermasam muka dan merengut. Kemudian dia berpaling (dari kebenaran) dan menyombongkan diri, lalu dia berkata, “Al-Quran ini tidak lain hanyalah sihir yang dipelajari (dari orang-orang dulu). Ini tidak lain hanyalah perkataan manusia.” Aku akan memasukkannya ke dalam (neraka) Saqor. (QS al-Mudatsir [74]: 11-26).

وَإِذَا الْمَوْءُودَةُ سُئِلَتْ(8)بِأَيِّ ذَنْبٍ قُتِلَتْ

Apabila bayi-bayi perempuan yang dikubur hidup-hidup itu ditanya, karena dosa apakah dia dibunuh? (QS at-Takwir [81]: 8-9).

وَيْلٌ لِلْمُطَفِّفِينَ(1)الَّذِينَ إِذَا اكْتَالُوا عَلَى النَّاسِ يَسْتَوْفُونَ(2)وَإِذَا كَالُوهُمْ أَوْ وَزَنُوهُمْ يُخْسِرُونَ(3)أَلاَ يَظُنُّ أُولَئِكَ أَنَّهُمْ مَبْعُوثُونَ

Kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang, yaitu orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain mereka meminta untuk dipenuhi, dan apabila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain mereka menguranginya. Tidakkah orang-orang itu yakin bahwa mereka sesungguhnya akan dibangkitkan? (QS al-Muthaffifin [83]: 1-4).

تَبَّتْ يَدَا أَبِي لَهَبٍ وَتَبَّ(1)مَا أَغْنَى عَنْهُ مَالُهُ وَمَا كَسَبَ(2)سَيَصْلَى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ

Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa. Tidaklah berfaedah baginya harta benda dan apa yang ia usahakan. Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak. (QS al-Lahab [111]: 1-3).

Masih banyak ayat-ayat lain yang menyatakan manhaj dan metode yang tetap dalam interaksi antara kebenaran dan dakwahnya melawan kebatilan dan dakwahnya.

Ketiga, pada tahap selanjutnya, siksaan yang berat, boikot, dan intimidasi menimpa Nabi saw. dan para sahabat r.a. Semua itu tidak memalingkan mereka sedikit pun dari Islam. Mereka menghadapi semua itu dengan tetap bersabar dan terus menjalankan dakwah. Nabi saw. tidak pernah berpaling sedikit pun dari Islam; tidak pernah pula berkompromi. Beliau selalu menolak mereka dengan penolakan yang tegas. Beliau menolak untuk menerapkan sebagian wahyu Allah dan meninggalkan sebagian. Beliau menolak harta yang akan menjadikannya orang terkaya (di antara penduduk Makkah). Beliau menolak untuk menyembah Allah satu tahun dan menyembah Tuhan mereka satu tahun. Allah Swt. berifrman:

قُلْ يَاأَيُّهَا الْكَافِرُونَ(1)لاَ أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ(2) وَلا أَنْتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ(3)وَلا أَنَا عَابِدٌ مَا عَبَدْتُمْ (4)وَلا أَنْتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ(5)لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ

Katakanlah, “Hai orang-orang kafir, aku tidak akan menyembah apa yang kalian sembah; kalian bukanlah penyembah Tuhan yang aku sembah; aku tidak akan menjadi penyembah apa yang kalian sembah; dan kalian tidak (pernah) pula menjadi penyembah Tuhan yang kami sembah. Bagi kalianlah agama kalian dan bagiku agamaku (Islam). (QS al-Kafirun [109]: 1-6).

Rasulullah juga bersabda :

لَوْ وَضَعُوْا الشَّمْسَ فِيْ يَمِيْنِيْ وَ الْقَمَرَ فِيْ يَسَارِيْ عَلَى أَنْ اَتْرُكَ هَذَا اْلأَمْرَ حَتَّى يَظْهَرَنِيَ اللهُ أَوْ اَهْلِكَ فِيْهِ مَا تَرَكْتُهُ

Demi Allah, seandainya mereka mampu meletakkan matahari di tangan kananku dan bulan di tangan kiriku agar aku meninggalkan urusan (dakwah) ini, aku tidak akan meninggalkannya hingga Allah memenangkan diriku atau aku binasa di dalamnya. (rah Ibn Hisyâm).

Beliau dan kelompoknya terus menjelaskan dakwah, mencela kekufuran dan pemikiran-pemikiran kufur, memperingatkan orang-orang kafir akan azab Allah, serta mencela akidah dan keyakinan kufr dengan terang-terangan.

Keempat, ketika keburukan kekufuran dan para penganutnya semakin bertambah dan mereka melihat bahwa Muhammad tidak pernah berputus asa, tidak pernah berpaling, dan tidak pernah berkompromi, maka setiap kabilah (kaum) menimpakan bahaya, pembunuhan, dan siksaan kepada setiap Muslim yang ada di antara mereka. Namun demikian, kaum Muslim tetap teguh dalam keimanan mereka dan tetap berpegang teguh pada tali agama Allah yang kokoh. Mereka terus melakukan dakwah, perang pemikiran, dan perjuangan politik. Ketika keburukan semakin berat menimpa kaum Muslim, Rasul menganjurkan para sahabat untuk hijrah ke Habsyah menyelamatkan agama mereka. Akan tetapi, sebagian besar sahabat tetap bertahan di Mekah. Sekalipun begitu, mereka tidak pernah berhenti berdakwah, tidak berkompromi atau tawar menawar, dan tidak pernah berpaling sedikitpun dari berdakwah. Tatkala masyarakat Makkah membeku (jumud) di hadapan dakwah, Rasul saw. mendatangi berbagai kabilah, menyeru mereka kepada Islam, dan meminta nushrah mereka hingga tersampaikanlah risalah Allah dan mereka menjadi sandaran bagi beliau untuk menolong penerapan Islam.

Kelima, Nabi saw terus mencari nushrah (pertolongan). Beliau tidak menemukan sesuatu kecuali penolakan bahkan penolakan yang buruk. Banyak pembesar kabilah-kabilah menolak tawaran beliau hingga Allah swt. mendatangkan kepada beliau masyarakat Madinah dengan masuk Islamnya sebagian besar dari mereka; mereka tidak memerangi dakwah sebagaimana yang terjadi di Makkah. Di antara mereka yang masuk Islam adalah para pembesar dan para pemimpin kabilah. Lalu, Nabi saw. meminta nushrah mereka untuk mendirikan negara Islam di Madinah. Tatkala mereka setuju, mereka membaiat Nabi saw. dalam Baiat ‘Aqabah II (Baiat Perang), baiat pendirian negara Islam. Kemudian beliau hijrah ke Madinah. Sejak kedatangan beliau di Madinah, berdirilah daulah Islam.

Pada akhirnya, Rasulullah saw. langsung menerapkan Islam, mengokohkan tiang-tiang negara Islam, serta memulai aktivitas jihad untuk meninggikan kalimat Allah dan untuk mengemban dakwah ke seluruh umat manusia.

Tidak ada komentar: